Selasa, 23 Februari 2010

Perlukah Kita Sarapan Pagi Tiap Hari?

Tubuh kita pada pagi hari selalu membutuhkan makan,jika kita tidak makan maka akan terasa lapar.Apakah anda tahu yang menyebabkan rasa lapar itu? Badan terdiri dari 100 trilyun sel dan membutuhkan 114 macam nutrisi. Sedangkan pada pagi hari tubuh kita dituntut untuk memenuhi 114 nutrisi.

SARAPAN PAGI YANG SEHAT ITU BAGAIMANA?
Didalam tubuh kita ada organ yang mengatur tentang nutrisi dan vitamin yang harus disalurkan keseluruh organ tubuh yaitu : PANKREAS. Pankreas inilah yang memproduksi gastric juice dan insulin. Makanan apa yang harus diberikan kepada tubuh kita? SARAPAN PAGI ATAU TIDAK YA?
SARAPAN PAGI YANG MENGANDUNG KARBOHIDRAT , APA MANFAATNYA?

KARBOHIDRAT? adalah bahan yang bisa menimbulkan pembakaran dalam tubuh,yang dapat menimbulkan energi.Energi inilah yang dipakai untuk kita beraktifitas,berolahraga.Jika kita tidak mengkonsumsi karbohidrat maka perut kita akan terasa lapar. Oleh sebab itu kenapa orang Indonesia seringkali bilang "belum makan jika belum makan nasi". Memang benar orang Indonesia yang terutama adalah nasi sebagai sumber karbohidrat terbesar dalam tubuh. Padahal jenis karbohidrat yang lain ialah : cereal olahan, roti tawar, roti panggang, gandum,jagung.

APAKAH DAMPAK DARI KARBOHIDRAT ?
KARBOHIDRAT YANG MELEBIHI BATAS BISA MENYEBABKAN KENAIKAN KADAR GULA YANG MENDADAK, SEHINGGA JUMLAH INSULIN YANG HARUS DIPRODUKSI DALAM TUBUH HARUS LEBIH BESAR JUGA.
Jika kita mengurangi karbohidrat, maka tubuh kita akan terasa lapar karena terjadi penurunan kadar gula . Siklus bertambah dan berkurang terus menerus berulang setiap hari bisa 2 sampai 3 kali. Turun naiknya kadar gula akan memperberat kerja pankreas untuk memproduksi insulin untuk mengontrol kadar gula. Sehingga para dokter seringkali menyarankan untuk mengurangi karbohidrat bagi penderita diabetes.

BAGAIMANA JIKA KITA MENUNDA SARAPAN PAGI ?
Secara fungsional tubuh kita pasti berteriak lapar, karena tidak ada karbohidrat yang masuk untuk diolah menjadi energi. Sarapan pagi yang baik adalah sarapan yang bisa memberikan kepada tubuh kita semua nutrisi yang penting,dapat diolah menjadi energi,mengandung asupan air yang cukup,dan dapat menjaga tingkat kadargula dalan tubuh tetap seimbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar