Rabu, 10 Maret 2010

"JANCOK" Itu Apa Sih?

Setiap saya pergi ke luar Jawa Timur, seperti Bandung, Cirebon, Jakarta, Palembang, dll, selalu saja ada kawan yang bertanya "Jancok" itu apaan sih??

hmmm,, "Jancok" merupakan kata-kata khas kota Surabaya. Kata "Jancok" bila ditranslit ke dalam bahasa Inggris artinya adalah Fuck. Jancok  berasal dari kata (maaf) "encuk" yang artinya bersetubuh. Berasal dari frase "di-encuk" kemudian "dancuk" dan lahirlah sebuah "jancok",hehe...

"Jancok" sendiri memiliki banyak makna bila diucapkan. "Jancok" biasanya diucapkan saat:


Melampiaskan Amarah
Ini sudah jelas karena  normalnya "jancok" adalah sebuah kata umpatan untuk memaki orang yang membuat kita emosi.
misal: " Jancok raimu nek ngomong sing enak cok!! ga trimo ta koen cok???"

Simbol Persahabatan Khas Arek Suroboyo
"Jancok" bila digunakan dalam suasana yang penuh kekerabatan akan menjadi bumbu penyedap untuk mempererat persahabatan bagi arek Suroboyo. Misalnya si A bertemu dengan si B, kawan yang sudah lama sekali tidak berjumpa dengan si A. Si A berkata," Jancok, sek urip ae koen cok"(Jancok, masih hidup saja kamu cok). Si B pun tidak marah, justru suasana langsung cair penuh dengan kegembiraan karena sapaan tersebut jauh dari umpatan dengki permusuhan. (Makanya banyak orang Jawa dari luar Surabaya bingung jika melihat hal tersebut,dalam hatinya berkata "orang ini marah-marah tapi kok sambil berjabat tangan??"hehehe)

Sebagai Penegasan Keheranan atau Komentar
"Jancok" juga bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa heran atau menyatakan komentar tentang sesuatu yang kita lihat. Misalnya nih ada Cinta Laura lewat di depan kita, seketika kita berkata, "Jancok,ayu temen arek iku rek (jancok, cantik sekali anak itu rek)". Dan bila dipakai untuk menyatakan komentar misalnya "Jancok irenge wong iku (jancok, hitam sekali orang itu)".


Bahasa Sehari-hari Arek Suroboyo
Dimanapun arek suroboyo sedang berbincang dengan temannya pasti tak lepas dari kata "cok". Kata "cok " bisa digunakan sebagai akhiran dalam suatu kalimat atau sebagai kata seru. Misalnya, " wetengku luwe cok (perutku lapar cok)".


Terkejut/ kesakitan
Orang yang terkejut atau kesakitan biasanya slalu menyebut kata "jancok". Misalnya jika tangan kita terpukul palu,seketika sambil memegang jari yang terkena palu kita pasti berkata "jancooooookkkk",,hahaha...kalau tidak percaya boleh dicoba,hehehe.


Mengungkapkan Rasa Gemas
Arek Suroboyo jika sedang gemas, biasa juga memakai kata jancuk. ‘Jancuuu………k !‘. ‘Jan’-nya diteriakkan secara pendek, lalu ikuti dengan teriakan ‘cuk’ yang panjang sampai tuntas rasa gemasnya.




Hmm,memang enak sih mengucapkan kata yang satu ini, saya aja sampai ketagihan mengucapkannya,hehe...
o iya hampir lupa. "Jancok" juga memiliki banyak varian yang merupakan turunan dari kata "jancok" itu sendiri. Diantaranya diamput, jamput, jangkrek, mbokne ancok, jambu, jasit, dll.


Itulah tadi sedikit penjelasan saya mengenai kata "Jancok". Bila ada yang menambahkan tentang si Jancok, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini....


salam jancok!!!hwehehehe..

24 komentar:

  1. Jiyancuuuukkkk...!!! uapik'e rek blog mu....wkwkkwk....

    BalasHapus
  2. arema jancooookkk

    BalasHapus
  3. walah ngunu to soko ngencuk dadi jancoookkkk

    BalasHapus
  4. prof: makasih prof,,hehehe

    anonim: betul

    suwung: ya kurang lebih begitulah ceritanya..

    BalasHapus
  5. fazar gladiator12 Maret 2010 02.52

    jnacok teh mun di sunda mah anjing,belegug,goblog

    lebih enak kalo bilang arema jancok ato the jak jancok...arema-the jak mbokne ancok...sok gera cobaan

    BalasHapus
  6. Wahhh wes suwe g' ngoment blog iki om ......
    gmn kbr blog Anda om ???

    tuex : http://nick-and-nack.blogspot.com

    BalasHapus
  7. fazar: saya coba ya,,,arema jancookkk...the jak anjing,..hehe

    tuek: jancok sek urip ae awak peno???hehehehe

    BalasHapus
  8. jiancuk jaran asik tenan blog qm bro....!!!!

    BalasHapus
  9. cak cok kata kata kota kita

    BalasHapus
  10. jancok.......
    sip wz......

    BalasHapus
  11. mene . ojok mek jancok

    gatel.... iyo cok....

    BalasHapus
  12. iyo cok bener raimu...

    BalasHapus
  13. Jancok iku apik cok nggwateli cok B-)

    BalasHapus
  14. suwun yo rek wez komen nang kene..lestarikan kata jancok..oke cok?

    BalasHapus
  15. Wahyu Priagung2 April 2010 02.53

    tak copas yo bro nduk FB ku....

    BalasHapus
  16. boleh copas asal ditulis sumbernya bos

    BalasHapus
  17. manteb cak....

    BalasHapus
  18. Kirain JANCOK itu "Jangan Anggap Nasihat Cuma Omong Kosong"

    BalasHapus
  19. aku aremania tapi kpingin ngomong
    keren blog mu cok!!!

    BalasHapus
  20. jancok asli boso suroboyo... khusus gwe AREWARIA mbokneancookk

    BalasHapus
  21. Wkwkwk kata Jancok pun ada Definisinya juga ya...?? :D mantab berow...

    BalasHapus