Jumat, 26 Maret 2010

Semanggi Suroboyo, Makanan Khas Surabaya

Jika anda berkunjung di Surabaya, tentunya anda akan menjumpai ibu-ibu paruh baya berjalan kaki dari kampung ke kampung menggendong panganan dengan menggunakan tempat yang terbuat dari anyaman bambu sambil berteriak "seeeemmaanngggiiiiii". Yups, ibu itu sedang menjajakan panganan yang bernama Semanggi Suroboyo. Makanan khas Surabaya ini sulit sekali dicari di luar Surabaya, bahkan ada yang mengatakan tidak ada selain di Surabaya. Makanan tradisional ini sekarang telah merambah restoran dan hotel-hotel. Biarpun begitu kalau menurut saya sih lebih enak menikmati makanan ini langsung dari penjual tradisional.


Makanan ini berbahan dasar daun semanggi yang direbus dan disajikan dengan kecambah rebus kemudian disiram bumbu yang terbuat dari ketela rambat atau ubi jalar yang direbus dan dicampur gula jawa, garam, terasi, petis udang, sedikit kacang tanah, dan cabai. Menurut pengalaman lidah saya, bumbu ini yang membuat Semanggi Suroboyo menjadi mak nyusss.


Makanan ini disajikan di dalam sebuah pincuk yang terbuat dari daun pisang. Dan cara memakannya adalah menggunakan kerupuk puli yang terbuat dari beras (kerupuk ini berfungsi menggantikan sendok). Memang sih kalau dilihat dari penampilan, Semanggi Suroboyo kurang  menggiurkan, namun bila dirasakan pasti ketagihan.






Nah selain makananya, pedagangnya pun cukup unik bila diperhatikan. Ibu-ibu yang berjualan Semanggi ini sangat cinta terhadap Indonesia. Mengapa saya berkata seperti itu? Coba perhatikan,Ibu-ibu  ini selalu menggunakan kebaya dan kain batik.


Menarik untuk mencoba bukan? Silahkan mencicipi panganan ini, tapi beli sendiri-sendiri.hehehe...

13 komentar:

  1. wah,memang enak tuh,,mak nyuss...

    BalasHapus
  2. wah dulu sering makan ni semanggi,, tapi sekarang g pernah malahan,,soalnya di tempat tinggal baru g ada yg jualan semanggi

    BalasHapus
  3. hapia: emang skrang tinggal dmn sob??

    BalasHapus
  4. hehe.. semanggiiiiiiiiiiiii......... semanggiiiiiiiii hahah, salam kenal ya, blogger sby juga neh, baru nemu :D, aku pernah sekali makan semanggui, di perum tempat tinggalku jrang yang lewat :D

    BalasHapus
  5. nyunz:yup,blogger sby..

    slm knal..

    BalasHapus
  6. ah dari atas kayak pecel tu ya? Hmm.. kapan2 beli ahh kalo ke Surabaya.. hehehhee

    BalasHapus
  7. btul sob,hampir menyerupai pecel..

    BalasHapus
  8. .wahhh wez suwe aq g mangan semanggi.....
    .pngan clik q mbyen ....apik2 ...!!

    BalasHapus
  9. tuex:nang pkan bru gda smanggi yow?hahaha

    BalasHapus
  10. hmm yummy postingannya bagus banget… dan menggoda pgn coba

    KUNJUNGi
    http://www.bekasjerawat.wordpress.com/

    BalasHapus
  11. wah,pengen ngrasain semanggi

    BalasHapus