Jumat, 16 April 2010

Kalkulasi Peluang Persebaya Bertahan di ISL tanpa Playoff

Saya memang sering menulis ulasan tentang sebuah pertandingan, sebuah tim, ataupun sebuah kisah di balik layar tentang suatu kejadian yang kebanyakan berbau sport. Tetapi, jujur, baru kali ini saya menulis tentang kalkulasi. Bukan kalkulasi juara, tetapi kalkulasi tentang siapa yang lolos dari lubang jarum (baca : degradasi) ISL musim ini. Kalau kalkulasi juara sih , saya sudah lumayan sering menulisnya.

Memang membuat sebuah kalkulasi tidak semudah menghitung peluang satu tim -- lalu mengambil kesimpulan. Lebih dari itu. Membuat sebuah kalkulasi, harus disertai ketelitian, pikiran yang jernih, dan juga kesabaran, selain tentunya kepintaran. Hehehe. Tapi, dengan kalkulasi inilah kita akan bisa menggambarkan bagaimana peluang dari tim-tim yang berjuang menghindari degradasi seperti Persik, Persebaya, Bontang FC, dan juga Persisam Samarinda. Namun karena kalkulasi di tubuh Persebaya yang notabene paling seru dan dramatis, maka tidak salah kalau saya memilih Persebaya buat ngitung peluangnya bertahan di ISL.

Setelah memenangkan pertandingan home terakhir di ISL musim ini melawan Persitara Jakarta Utara dengan skor 3-2, praktis Persebaya menggusur posisi Persik Kediri di peringkat ke 13 ISL dengan poin 36 dari 29 pertandingan. Ini berarti untuk sementara Persebaya termasuk tim yang "agak" aman.

Eits, tapi tunggu dulu. Ini dia masalahnya. Setelah ini, Persebaya harus melakoni 5 kali partai away berturut-turut. Dan yang dihadapi pun lawan-lawan yang super berat. Sebut saja sesama pejuang menghindari zona merah, Persik Kediri, Bontang FC, dan Persisam Samarinda. Serta dua lawan lainnya yang hampir tidak mungkin ditaklukkan di kandangnya, Persipura dan Persiwa. Dan satu lagi, untuk dapat bertengger di posisi paling aman di ISL agar tidak terkena degradasi, maka Persebaya setidak-tidaknya harus mengumpulkan paling sedikit 4 sampai 5 poin di kelima laga away tersebut.

Artinya, Persebaya diharapkan 
finish di peringkat 12-14 klasemen akhir dengan poin minimal 40.

Bukan tugas yang gampang, memang. Terlebih, laga-laga awaynya dilangsungkan di tempat yang setidaknya hampir tidak mungkin ada peluang untuk menang. Saat ini, praktis pesaing Persebaya hanya tiga : Persik Kediri, Persisam Samarinda, dan Bontang FC. Jika dilihat dari laga setelah tulisan ini dibuat, Bontang FC terlihat lebih berpeluang untuk lolos dari degradasi maupun play-off. Dengan menyisakan 6 pertandingan, poin 32 bagi Bontang FC saya rasa sedikit lebih baik daripada Persebaya. Apalagi Bontang FC masih memiliki 3 partai home lagi.

Target menang memang harus dipatok oleh manajemen Persebaya ketika melawat ke Kediri, Bontang, dan Samarinda karena saya berpikir, kalau target menang di Jayapura dan Wamena kayaknya 90% 
nggak mungkin deh. Semua juga sudah tahu kalau Persipura dan Persiwa adalah dua tim yang sangat sulit sekali ditaklukkan di kandangnya. Biar bagaimanapun, Persebaya harus mengoleksi setidak-tidaknya 4-5 poin kalau masih mau ikut ISL tanpa play-off.

Setelah pertandingan melawan Persitara kemarin (14/4) , saya rasa peluang Persebaya terdegradasi ke divisi utama musim depan sangat tipis. Benar saja , jika dilihat dari klasemen sementara, sudah ada 2 tim yang hampir bisa dipastikan degradasi, yaitu Pelita Jaya dan Persitara. Khusus Persitara, hanya keajaibanlah yang mengantar tim itu untuk tidak degradasi, walaupun lewat jalan play-off. Namun, bagi saya itu sangat sulit terlaksana lantaran Persitara menyisakan 5 pertandingan lagi. Jika Persitara saat ini poinnya 21 dan pada 5 pertandingan terakhirnya Persitara selalu menang, maka Persitara hanya memiliki poin akhir 36, itupun masih dibawah Persebaya -- kalau Persebaya kalah terus dalam 5 partai away -- , dan Persitara hanya bisa berharap Persik dan Persisam kalah terus dalam 4-5 pertandingan terakhirnya. Dan itu saya rasa hampir tidak mungkin.

Nah, kembali ke Persebaya. Kalau toh nantinya Persebaya benar-benar kalahan, maksudnya kalah dalam seluruh partai away itu, Persebaya masih punya poin absolut 36. Dengan poin 36 dan goal-average yang besar, saya rasa kemungkinan terburuknya Persebaya bakal berada di peringkat 15, alias Persebaya harus melewati fase play-off untuk kedua kalinya.

Masih ada harapan, kalau Persebaya kalah terus-menerus dalam 5 partai terakhirnya,
Persebaya masih dapat bertahan di ISL alias tidak melalui play-off asalkan Persik Kediri, Bontang FC, dan Persisam tidak selalu menang dalam pertandingan terakhirnya.Catatan lain : Bontang FC dan Persik Kediri minimal hanya mengoleksi 3 kemenangan dari 4-5 laga terakhirnya. Sederhana, namun mempunyai banyak kemungkinan. Segalanya masih bisa terjadi. Dan ini menjadi sangat mungkin mengingat tidak konsistennya Persik Kediri dan Persisam Samarinda akhir-akhir ini.

Saya rasa, Persebaya masih layak berjuang di ISL tanpa degradasi, tanpa play-off... 
[vec]



oleh : Vecga Septyanz

11 komentar:

  1. wezz,,ikut nyimak aja sob,,gak ngerti bola !
    met siang ya sob !

    BalasHapus
  2. Pemain persebaya kurang disiplin sob. kemarin aku juga nonton yang lawan persitara. coba deh pemainnya jangan banyak ngelamun di lapangan, pasti bisa menangan! *hehe, sok ngajari*

    BalasHapus
  3. aahh sayang saya kurang suka sepakbola jadi kurang tau dan ga bisa komentar panang lebar

    BalasHapus
  4. ngomongin bola... *tuing..tuing
    gak bisa komen apa2 saya.. :)

    saya cm bs blng.. bravo sepakbola Indonesia! hehehe

    hve a nice weeknd

    BalasHapus
  5. Ane ikut xmak aj dh, biar ngerti ;-)

    BalasHapus
  6. ikut nyimak jd donk :p
    saya gak terlalu ngerti jg soalnya ^^

    BalasHapus
  7. saya dukung nih persebaya agar tetap di ISL...
    hidup persebaya :)

    BalasHapus
  8. maju truz psby.....!!

    klik iklan q bos ...!!

    BalasHapus
  9. all:makasih atas dukungan dan doanya..makasih juga udah mengunjungi blog ini..

    BalasHapus
  10. Bimaz Green Force4 Mei 2010 22.47

    Bonek Viking Satu Hati
    Arema Harus Mati..?
    N The jack ANJING.....? ?

    BalasHapus
  11. Bonek vIKING satu hati
    Arema Harus Mati.
    bwt nk The jack
    emg Anjing loe semuax......??

    BalasHapus